Friday, April 5, 2013

Tujuan Mempelajari Ilmu Alamiah Dasar



TUJUAN MEMPELAJARI ILMU ALAMIAH DASAR

Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan berbagai kelebihan, antara lain adalah sifat keingintahuan yang besar dibandingkan dengan mahluk Tuhan yang lain. Karena rasa ingin tahu yang besar inilah manusia perlu pengetahuan untuk mengetahui apa saja hal yang tidak mereka tahu sebelumnya. Ilmu pengetahuan adalah kebutuhan yang sangat mendasar bagi manusia, perkembangan kehidupan manusia menjadikan ilmu pengetahuan sebagai materi dasar manusia mengenal dan mengerti tentang alam dan semesta. Dari ilmu pengetahuan yang diperoleh itulah manusia mendapatkan pengalaman. Karena kita yakin bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Berawal dari pengalaman inilah manusia akan tahu dan paham apa itu ilmu alamiah dasar yang mereka dapat dari berbagai pengalaman yang mereka lalui.

Ilmu alamiah dasar sendiri kadang disebut juga sebagai ilmu pengetahuan alam. Salah satunya definisi dari Maskoeri Jasin yang menyebutkan bahwa ilmu alamiah merupakan Ilmu Pengetahuan yang mengkaji tentang gejala – gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini. Sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) hanya mengkaji konsep – konsep dan prinsip – prinsip dasar yang esensial saja. Dari definisi tersebut dapat kita lihat bahwa ilmu alamiah dasar adalah ilmu yang membahas tentang masalah-masalah yang berkaitan dengan alam.

Dengan makna tersebut, ilmu alamiah dasar ada pastinya karena adanya tujuan-tujuan yang akan dicapai. Sesuatu hal diciptakan atau diadakan bukan karena tidak memiliki tujuan. Tujuan adalah alasan kenapa sesuatu itu diciptakan. Begitupula dengan ilmu alamiah dasar yang memiliki tujuan jelas. Tujuan dari ilmu alamiah dasar itu sendiri adalah memberikan konsep dan gambaran mengenai ilmu pengetahuan alam kepada manusia supaya mereka mengenal dan lebih mengetahui tentang alam semesta ini. Terbukanya wawasan kita terhadap pengetahuan alam semesta juga merupakan salah satu tujuan adanya ilmu alamiah dasar. Dari pengetahuan yang kita dapatkan tersebut, kita akan memiliki bekal pengetahuan yang cukup untuk menjalani hidup dialam semesta ini. Mengembangkan pengetahuan tentang alam untuk menuju kehidupan yang lebih baik juga merupakan salah satu pencapaian yang ingin dicapai oleh ilmu alamiah dasar. Secara umum, tujuan mempelajari ilmu alamiah dasar adalah memberi wawasan kepada mahasiswa tentang konsep – konsep alam agar ia dapat peka dan tanggap terhadap masalah – masalah alam yang ada di sekitarnya serta dapat bertanggungjawab terhadap berbagai masalah alam di dalam masyarakat sebagai the agent of change (Agen Perubahan).

Sifatnya yang general, menjadikan ilmu alamiah dasar memiliki beberapa ruang lingkup. Secara garis besar, ruang lingkup alamiah dasar dapat dapat dibagi menjadi tiga, yaitu biologi, fisika dan kimia. Dari ketiga ruang lingkup itu kita lebih mengenal istilah ilmu pengetahuan alam dibandingkan ilmu alamiah dasar. Semua ruang lingkup tersebut memberikan pengetahuan tentang alam kepada kita semua untuk lebih mengetahui konsep dan apa yang ada dalam alam semesta ini. Dengan demikian, mempelajari dan mendapatkan pengalaman dari ilmu alamiah dasar sangatlah bermanfaat bagi kita dan perkembangan terknologi sebagai dampak positif pengembangan pengetahuan alam.

Menurut Abdullah Aly dan Eny Rahma dalam bukunya Ilmu Alamiah Dasar bahwa ruang lingkup IAD adalah sebagai berikut :
1) Alam semesta dan tata surya.
2) Bumi
3) Asal mula kehidupan bumi.

Sedangkan H. Abu Ahmadi dan A. Supatmo mengelompokkan ruang lingkup IAD ke dalam lima pokok bahasan yaitu :
1) Kelahiran alam semesta.
2) Masalah tata surya.
3) Bumi
4) Asal mula kehidupan di bumi.
5) Perkembangan variabilitas

Disamping tujuan yang telah dikemukakan, Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) mempunyai fungsi antara lain :
([Hari Purnama, 2003: 4] atau [H. Abu Ahmad & A. Supatmo, 1998: vi])
1)Mengembangkan apresiasi IPA dan teknologi kepada mahasiswa non – eksakta.
2)Mendorong dan mengembangkan kemanfaatan Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) pada perkembangan diri, ilmu dan profesi pada mahasiswa non – eksakta.


Sumber :

No comments:

Post a Comment